BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

5 Rekomendasi Hadiah Lahiran Anti Mainstream

Mencari ide rekomendasi hadiah lahiran saat ini banyak pilihannya, tapi bisa cukup membingungkan. Takut pasaran bahkan bisa tidak digunakan.
rekomendasi hadiah lahiran

Kata orang, saat seorang wanita melahirkan, bukan hanya anak yang lahir, tapi seorang ibu juga lahir. Meski proses melahirkan yang subhanallah sakitnya luar biasa, mendengar tangisan anak pertama kali membuat kita teralihkan sejenak dan mengucap syukur tiada henti. Teringat segala perjuangan sejak awal melihat tespek garis dua, kontrol ke dokter,  hingga persiapan kelahiran. 

Berbicara tentang persiapan kelahiran, saat pertama kali jadi ibu, aku menerima banyak sekali hadiah lahiran. Karena memang belum banyak berbelanja kebutuhan bayi, kado-kado lahiran yang aku terima cukup banyak yang bermanfaat. 

Memilih kado untuk ibu lahiran memang susah-susah gampang. Karena biasanya juga mungkin ada yang tidak sesuai selera atau ternyata tidak bisa digunakan. Berikut beberapa rekomendasi hadiah lahiran atau ide kado lahiran yang anti mainstream yang bisa teman-teman pilih:

1. Home Dress/Apron Menyusui

home dress

Mungkin kita tidak sadar bahwa seorang bayi sesungguhnya tidak tahu dengan hadiah yang dia dapatkan. Jadi ada baiknya mengutamakan memberi hadiah ibunya yang sering terlupakan. Home dress nyaman bisa menjadi alternatif untuk hadiah ibu yang baru lahiran. Jika si ibu menyusui, bisa diberikan hadiah apron menyusui. Apron ini sangat bermanfaat agar bisa menyusui di mana saja dan kapan saja. Pastikan bahan kain yang digunakan tidak panas dan mudah dalam pemakaiannya. 

2. ASI Booster/Camilan Ibu

camilan asi

Sewaktu lahiran anak kedua, salah seorang kenalan memberikanku hadiah ASI Booster. Biasanya ASI booster ada yang dalam bentuk minuman atau camilan. Rekomendasi hadiah lahiran ini sungguh sangat bermanfaat, karena membantu mood ibu kembali dan tentu kandungannya mampu membantu produksi ASI lebih deras. Camilan cukup populer untuk membantu meningkatkan produksi ASI adalah kacang-kacangan terutama kacang almond.

3. Baju Balita

Baju Balita

Seringkali, hadiah baju yang diberikan untuk anak yang baru lahir adalah baju bayi/newborn. Padahal biasanya justru untuk orang tua baru, baju bayi sudah cukup banyak disiapkan. Sebaliknya baju di usia balita biasanya dibeli saat anaknya menginjak usia tersebut. 

Meski banyak yang memberi hadiah baju, tapi baju balita sesungguhnya lebih bermanfaat daripada baju bayi. Kenapa? Karena bayi biasanya tumbuh begitu cepat dan tidak banyak membutuhkan baju dengan berbagai model. Baju balita lebih bervariasi, dan bisa digunakan cukup lama saat usianya 2-3 tahun. Saking banyaknya dulu yang memberikan hadiah baju balita, Alhamdulillah aku cukup hemat dalam pembelian baju saat anak berusia 2-4 tahun. 

4. Buku Bayi/Buku Ibu

buku bayi

Dalam sebuah penelitian disebutkan kalau membacakan buku sedari bayi, mampu membantu perkembangan kosakata anak. Para ahli mengatakan bahwa jika kita semakin awal mulai membacakan buku untuk bayi, maka akan semakin baik. Sebab, kemampuan untuk fokus dan imajinasi bayi akan ikut berkembang seiring dengan semakin dini kita membacakan buku untuk Si Kecil. 

Selain hadiah untuk si kecil, hadiah buku untuk ibu juga menarik. Aku teringat di awal-awal menyusui, aku tidak bisa bergerak dari tempat tidur kecuali ke kamar mandi. Untuk mengusir kebosanan, aku membaca buku sambil menyusui. 

5. Minyak Telon Wangi

Rekomendasi hadiah lahiran terakhir yang anti mainstream adalah paketan minyak telon wangi. Aku merekomendasikan Navila Telon Oil. Navila minyak telon viral ini memiliki berbagai variasi aroma dan banyak manfaatnya. Apalagi minyak telon terwangi ini juga punya paketan hampers yang kece banget. Aku udah pakai minyak telonnya, jadi sekalian aku review di bawah. 

hampers minyak telon wangi

Review Navila Telon Oil

Aku termasuk ibu yang rutin menggunakan minyak telon kepada anak-anak, bahkan si sulung yang usia sudah 6 tahun pun tetap sering aku olesi minyak telon. Khususnya di bagian perut dan punggung sambil memijat lembut mereka sebelum tidur. 

Sejak bayi baru lahir, minyak telon juga menjadi senjata andalan membantu menghangatkan dan mengharumkan badan bayi. Lantas minyak telon Navila untuk usia berapa? Navila Telon Oil sudah teruji klinis oleh BPOM dan aman digunakan sejak bayi baru lahir. Selain itu, minyak telon ini sangat bermanfaat dalam mengatasi perut kembung bayi. 

minyak telon wangi

Navila Telon Oil  ini wanginya enak, gak menyengat, dan tahan lama. Untuk prosesi pijat bayi, Navila Telon Oil juga cocok digunakan sebab teksturnya yang lembut/oily karena mengandung VCO. Menurutku juga, Navila Telon Oil adalah minyak telon terwangi yang pernah kupakai. Aku suka menggunakan minyak telon anti nyamuk bayi, dan minyak telon Navila ini juga bisa mencegah gigitan nyamuk.

Aku paling suka dengan kemasan minyak telon Navila yang bikin gak mudah tumpah. Bentuk satunya model oles roll on dan satunya lagi model pump. Jadi gak perlu khawatir kalau kelupaan menyimpan minyak telon dan dimainin si kecil. Soalnya pengalaman si kecil pernah numpahin hampir setengah botol telon ke kasur huhu. 

Harga Minyak Telon Navila

Adapun untuk harga berbeda-beda tergantung ukuran. Untuk ukuran kecil 40ml, dijual seharga 24 ribu di Shopee. Kalau yang 100ml mulai kisaran 40 ribuan. Cukup terjangkau bukan?

minyak telon navila

Minyak Telon Navila yang Paling Wangi

Kalau teman-teman mencari rekomendasi minyak telon paling laris terjual alias paling banyak disukai wanginya di Shopee, teman-teman bisa lihat di bagian produk lalu sortir paling terlaris. Terlihat kalau yang paling banyak terjual itu seri Arasso dan seri Saranghae. Teman-teman pernah nyoba seri yang mana aja, nih?

Adab Menjenguk Bayi baru Lahir

Setelah menentukan kado yang akan dibawa, selanjutnya yang paling penting adalah bagaimana adab mengunjungi kerabat yang baru melahirkan:

  1. Memberi kabar terlebih dahulu. Karena terkadang ada yang belum siap menerima kunjungan, atau dalam keadaan sibuk dengan hal lainnya. 
  2. Tidak berkunjung di waktu pagi atau siang hari. Biasanya ini adalah waktu istirahat ibu setelah begadang semalaman. Ada baiknya berkunjung di sore hari jika memungkinkan.
  3. Tidak menanyakan hal sensitif kecuali diceritakan sendiri. Seperti metode lahiran pervaginam atau caesar, ASI atau tidak, berat badan dan masih banyak lagi. Kalau perlu cukup beri do’a dan support agar si ibu cepat pulih.
  4. Tidak merepotkan tuan rumah. Kalau bisa kita yang langsung membawa makanan untuk dimakan bersama, jadi tuan rumah tidak perlu repot-repot menyiapkan kudapan. 
  5. Jangan menyentuh si bayi. Ada baiknya meski kita sudah menggunakan masker atau cuci tangan, biasakan tidak menyentuh bayi apa lagi tanpa izin. Karena bayi masih sangat sensitif. Jika kita dalam kondisi sakit seperti batuk pilek, hindari dulu untuk menjenguk ya!
  6. Jangan berlama-lama. Mungkin kita sudah lama tidak bertemu, tapi ada baiknya mengunjungi kerabat yang baru melahirkan tidak terlalu lama. Mereka butuh istirahat cukup untuk proses pemulihan. 

Penutup

Mencari ide rekomendasi hadiah lahiran saat ini banyak pilihannya, tapi bisa cukup membingungkan. Takut pasaran bahkan bisa tidak digunakan, atau jadinya hanya disimpan di gudang hingga disumbangkan. Di atas ada beberapa rekomendasi hadiah yang dijamin tidak mainstream dan sangat bermanfaat untuk si ibu maupun si bayi. 

Dan untuk teman-teman yang mencari minyak telon terwangi dan tahan lama, aku rekomendasiin minyak telon Navila. Minyak telon ini juga cocok untuk kulit bayi sensitif. Sudah banyak testimoni positif dari para ibu yang sudah menggunakannya karena aroma yang berbeda dari minyak telon lainnya. Panasnya tidak menyengat di mata, jadi cocok untuk bayi yang baru lahir atau newborn.

#ReviewMinyakTelon #RekomendasiMinyakTelonWangi #MinyakTelonUntukDewasa #MinyakTelonUntukNewborn #ReviewNavilaTelonOil #TelonOilArasso #TelonOilSaranghae

Sumber:
https://www.orami.co.id/magazine/ini-dia-manfaat-membacakan-buku-untuk-perkembangan-bayi
Ilustrasi Foto: Canva

Posting Komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...