BlogKakTri
Lifestyle Blogger, Talk About Blogging, Parenting,Traveling, Tips, Review, and Lifestory by Triyatni Ashari

Mengenal Indibiz Ekspedisi, Solusi Digital Usaha Masa Kini

Indibiz Ekspedisi, memastikan pengelolaan yang efektif dan pengawasan yang mudah melalui teknologi canggih.
indibiz

Tahun lalu, saya sempat menjadi Fasilitator sebuah acara pelatihan UKM di Kota Banjarmasin. Saat itu, saya mendampingi beberapa UKM selama proses pelatihan baik secara online maupun offline. Tidak hanya memfasilitasi, saya juga ikut belajar mengenai tips dan trik agar usaha bisa menjadi lebih berkembang dan go digital. Go digital ternyata bukan hanya soal memanfaatkan internet untuk menjangkau audiens global, tapi juga tentang meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan strategi pemasaran. 

Memang, mengadopsi transformasi digital telah menjadi keharusan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di era modern ini. Karena perjalanan menuju digitalisasi bukan hanya tentang memperbarui alat dan teknologi (yang disebut teknologi digital), tetapi juga melibatkan perubahan budaya dan cara kerja (kemudian disebut sebagai solusi digital). 

Lebih spesifik, Solusi Digital adalah aplikasi atau layanan yang menggunakan teknologi digital untuk memenuhi kebutuhan spesifik atau memecahkan masalah tertentu dalam bisnis atau kehidupan sehari-hari. Fokusnya adalah memberikan solusi praktis dengan tujuan meningkatkan efisiensi, layanan pelanggan, atau pengalaman pengguna.

Layanan solusi digital tidak terlepas dari sokongan internet bisnis. Dengan adanya internet yang berkualitas, usaha dapat beroperasi optimal dan menjangkau pasar global. Untuk itu, dengan tujuan meningkatkan peluang dan mewujudkan harapan go digital bagi UKM Indonesia, Indibiz hadir sebagai layanan solusi digital yang komprehensif dengan dukungan jaringan internet yang luas. 

Indibiz, Solusi Digital Bagi UKM

Indibiz adalah layanan solusi digital dari Telkom yang diperuntukkan untuk para pelaku bisnis/usaha/UKM (B2B). Saat ini ekosistem solusi digital dari Indibiz melayani 7 sektor bisnis, diantaranya : pendidikan, ruko, multifinance, hotel, energi, kesehatan, dan ekspedisi.

Beberapa perusahaan telah menunjukkan manfaat dari solusi digital yang ditawarkan oleh Indibiz, seperti: Third Space Bandung dan You Coffee & Space Samarinda, telah memanfaatkan layanan dari Indibiz Ruko. Di sektor perhotelan, Hotel Amaris Margorejo Surabaya menggunakan solusi digital dari Indibiz Hotel. Selain itu, Puskesmas 7 Ulu Pelembang dan RS Kasih Ibu Surakarta telah menggunakan layanan dari Indibiz Health

Dalam sektor logistik dan transportasi, terdapat PT Tanto Intim Line yang telah merasakan manfaat dari layanan Indibiz Ekspedisi, sehingga meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis mereka, dan bisnis yang dijalankan semakin maju dan berkelanjutan.

Lebih rinci, Indibiz Ekspedisi dirancang untuk mendukung bisnis dalam bidang logistik dan pengiriman. Melalui Indibiz Ekspedisi, pengguna dapat mengakses berbagai solusi digital yang membantu dalam mengelola dan mengoptimalkan proses ekspedisi, termasuk fitur-fitur seperti manajemen pengiriman, pelacakan paket, dan integrasi dengan layanan pengiriman lainnya.

Cerita Sukses Indibiz Ekspedisi

Telkom Indonesia terus berinovasi dengan Indibiz Ekspedisi, yang menyediakan solusi digital IoT Antares Tracking untuk sektor transportasi, logistik, dan shipping. Salah satu success story adalah solusi digital ini membantu PT Tanto Intim Line meningkatkan produktivitas dan keamanan armada, serta menjaga kepercayaan pelanggan.

PT Tanto Intim Line (Intim) merupakan perusahaan ekspedisi pelayaran (forwarding) yang juga memiliki lebih dari 50 kapal peti kemas. Untuk menjaga reputasi perusahaan yang telah eksis sejak 1971 tersebut mereka berupaya meningkatkan keamanan pengiriman barang melalui IoT tracking container yang dilengkapi dengan GPS tracker, fitur bluetooth gateway dan dashboard melalui Indibiz Ekspedisi.Dengan dukungan infrastruktur Telkom, pelacakan kontainer real-time menjadi lebih efisien, dan mengurangi potensi kehilangan muatan. 

Adapun OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani, menambahkan bahwa solusi ini memperkuat rantai pasok dan membantu UKM di Indonesia mengatasi tantangan logistik, mendukung digitalisasi dan pertumbuhan ekonomi.

myindibiz

Penutup

Dengan solusi digital yang menyeluruh, dan dukungan jaringan internet yang luas dari Telkom, serta kemitraan strategis dengan perusahaan lokal dan global, Indibiz menjadi andalan UKM untuk menciptakan peluang baru, memungkinkan UKM untuk semakin go digital dan go global. 

Indibiz Ekspedisi, sebagai bagian dari layanan solusi digital Indibiz, bisa memperkuat aspek logistik dan pengiriman dalam bisnis, juga memastikan pengelolaan yang efektif dan pengawasan yang mudah melalui teknologi canggih. 

Dengan mengintegrasikan solusi digital seperti Indibiz Ekspedisi, bisnis dapat lebih responsif terhadap kebutuhan pelanggan dan tetap kompetitif di era digital ini. Melangkah ke depan, internet dan solusi digital akan terus menjadi kunci keberhasilan bagi bisnis di berbagai sektor. Sudah siap maju dengan Indibiz Ekspedisi? 

indibiz ekspedisi


Posting Komentar

Jika Anda pengguna blogger, harap membuat publik profil blogger sebelum berkomentar agar tidak broken link ya.

Sebaiknya jangan anonim agar bisa saling mengunjungi ...

Komentar muncul setelah dimoderasi.
Terima kasih telah membaca dan berkomentar 😊

Salam kenal ...